Lingkungan Memberikan Arti Kerelawanan

oleh: Rani Fatmawati (@ranifatmawati2) – Content Writer at Youth Team SociopreneurID

Halo, sahabat SID!

Mengikuti kegiatan volunteer adalah salah satu hal yang wajib kamu coba. Karena hal tersebut, kalian bisa mendapatkan banyak hal yang belum ditemui di tempat lain. Enggak percaya? Yuk, kita ikuti salah satu pengalaman Youth Team SID dalam mengikuti kegiatan volunteering.

Nama lengkapnya adalah Jessica Wiane Alie atau bisa dipanggil Kak Jess. Kak Jess merupakan salah satu mahasiswi di University of York, Inggris dan juga menjadi salah satu Youth Team di SID di bidang riset. Kak Jess berpengalaman menjadi volunteer di sebuah organisasi bernama Green Impact. Organisasi ini berfokus pada pembudayaan lingkungan, misalnya seperti penanaman pohon, daur ulang sampah, hingga kegiatan fundraising.

“Proses kerelawanan ini berangsung selama enam bulan dan kami mendapatkan projek campaign setiap dua minggunya dan ini berdasarkan kreatifitas masing-masing. Biasanya, PIC kami yang mengatur mengenai topik apa saja yang akan diangkat,” jelas Kak Jess.

Alasan Kak Jes mengikuti kegiatan volunteering ini ialah untuk mencari teman baru serta memahami bahwa pembudidayaan lingkungan yang masih kurang mendapatkan perhatian dan atensi yang cukup dari kalangan anak muda. “Dengan mendobrak adanya stigma tersebut, saya ingin mengajak banyak anak muda lainnya untuk turut ikut serta dalam organisasi ini,” ujar Kak Jess ketika diwawancarai.

Melalui volunteering tersebut, Kak Jes mendapatkan banyak hal baru. “Saya mempelari mengenai komitmen, tanggung jawab, dan juga ini menambah jumlah relasi yang saya kenal, sehingga saya mendapatkan banyak teman dari negara yang berbeda-beda,” jawab Kak Jess ketika ditanya mengenai benefit menjadi relawan. Melalui kegiatan tersebut pula, Kak Jess juga mampu memahami lebih jauh tentang pentingnya penghijauan serta memunculkan kesadaran tentang Global Warming.

“Dengan adanya materi, projek, serta diskusi yang diadakan antar member, saya mendapatkan pengetahuan yang jauh lebih banyak mengenai Global Warming dan memahami apa saja yang harus dilakukan untuk menghentikan itu,” tambah Kak Jess. “Rupanya langkah-langkah tersebut sangat mudah dan dengan sedikit perubahan, banyak dampak positif yang saya rasakan. Misalnya, pengeluaran bulanan saya lebih sedikit dan lingkungan lebih rapi.”

Menurut Kak Jess, makna kegiatan kerelawanan adalah suatu kegiatan di mana kita melakukannya secara sukarela dan tanpa terpaksa, serta hasil kegiatan tersebut memiliki dampak yang baik untuk sesama.

Kak Jess pun berpesan bahwa kegiatan kerelawanan tidak hanya semata untuk menambah relasi dan ilmu, tetapi juga untuk memperbaiki kebiasaan diri sendiri. Karena hal tersebut tidak hanya berdampak baik bagi masyarakat, tetapi juga untuk diri sendiri. Jadi, tidak ada salahnya bagi kita semua untuk mau mencoba dan mengikutsertakan diri dalam kegiatan kerelawanan.

Itulah sedikit cerita pengalaman dari Kak Jes mengenai kegiatan kerelawanan yang pernah ia jalani. Setiap orang pasti memiliki sudut pandang yang berbeda, tetapi tetap sama bermanfaat bagi diri sendiri, lingkungan, maupun masyarakat. Kita pun bisa seperti Kak Jess, bahkan bisa lebih banyak mendapatkan wawasan baru melalui kegiatan kerelawanan. Tidak ada kalimat buang-buang waktu untuk mencari ilmu baru.

Spread the Kindness

No Comments

Post a Comment