“Jadi Relawan Harus Dari Hati!”

oleh: Donia Helena Samosir (@doniahelena) – Content Writer at Youth Team SociopreneurID

“Jadi sukarelawan itu memang gak bisa dipaksa, harus dari panggilan hati. Kalau dijalaninnya dengan hati, pasti bisa dapetin pelajaran hidup dalam prosesnya.” – Rizki.

Rizki Kurniawan – yang akrab dipanggil Rizki merupakan seorang video editor yang sudah berkecimpung di dunia seni sejak masih bersekolah. Selain menyalurkan kecintaannya pada seni melalui pekerjaan utamanya sebagai editor, Rizki juga menyalurkannya pada banyak hal, salah satunya pada kagiatan-kegiatan kerelawanan yang diikutinya. Ingin menyalurkan bakat dan kecintaannya menjadi editor merupakan motivasi awal yang mendorong Rizki menjadi sukarelawan. Kepada Sociopreneur Indonesia, Rizki menceritakan bahwa Rizki pernah beberapa kali menjadi sukarelawan, seperti menjadi sukarelawan di Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga, Kawan Netra, Ruang Pasien, Urunan Kebaikan, Homesantren, dan beberapa program Sociopreneur Indonesia.

Pengalaman Rizki menjadi relawan di Sociopreneur Indonesia bermula sejak 2020. Saat itu Rizki memiliki panggilan hati untuk membagikan banyak hal melalui video-video yang dieditnya pada program-program yang berlangsung selama menjadi relawan. Melalui hal tersebut, Rizki ingin membagikan cerita-cerita menjadi sukarelawan yang selama ini didapatkannya kepada lebih banyak orang. Rizki menyadari bahwa tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama seperti dirinya saat menjadi seorang sukarelawan.

Rizki menceritakan bahwa menjadi sukarelawan berarti memetik banyak pelajaran hidup. Saat menjadi sukarelawan di Empathy Project Kota Solok 2022 bersama Sociopreneur Indonesia, banyak sekali pelajaran berharga yang didapatkannya. Pelajaran hidup seperti memecahkan masalah dari hal-hal kecil, berani berpikir out of the box, serta belajar untuk memanfaatkan hal-hal sekitar untuk sesuatu yang lebih berguna secara efisien. Rizki mencontohkan, tentang bagaimana memindahkan posisi-posisi barang dalam suatu ruangan dapat memecahkan banyak masalah, salah satunya tentang efisiensi pekerjaan.

Pelajaran-pelajaran hidup seperti itu merupakan pelajaran hidup yang mungkin tidak akan bisa didapatkan jika tidak mengikuti kegiatan kerelawanan. Rizki menceritakan bahwa selama dua tahu terakhir terlibat dalam program-program kerelawanan bersama Sociopreneur Indonesia, Rizki mendapat banyak sekali pengalaman hidup baik dari segi sosial, lingkungan, dan relasi yang tidak mungkin didapatkannya jika tidak mengikuti kegiatan kerelawanan.

Melalui pelajaran-pelajaran hidup yang dapat diambil oleh Rizki sepanjang menjadi sukarelawan, Rizki sangat merekomendasikan supaya anak-anak muda punya kesempatan dan pengalaman menjadi sukarelawan. Bagi Rizki, menjadi sukarelawan memang tidak bisa dipaksakan, melainkan harus dari hati. Ketika menjalani kerelawanan dari hati maka, siapapun yang menjalaninya pasti bisa memetik pelajaran hidup dalam prosesnya.

Spread the Kindness

No Comments

Post a Comment